4 Langkah Stimulasi Penting Untuk Perkembangan Bayi Lahir Normal Caesar

27 December 2013 - Kategori Blog

Halalmart Center – Tahukah bunda, Selain orang tua wajib memberikan asupan nutrisi yang baik ( antara lain minyak ikan salmon dan kecukupan kalsium untuk ibu dan bayi) kepada bayi, kita perlu memberikan aneka stimulus tambahan tumbuh kembang berjalan lancar dan mencapai angka optimal. Berikut 4 Langkah Stimulasi Penting Untuk Perkembangan Bayi Lahir Normal  maupun Caesar :

1. Pijat, tujuannya adalah untuk menstimulasi kematangan saraf bayi. Pijat bisa menjadi sarana stimulus taktil melalui pemberian sentuhan dan tekanan, serta memberikan efek stimulasi, relaksasi, melancarkan peredaran darah, dan peredaran limfa. Efek inilah yang  pada akhirnya akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Mandi tak hanya bertujuan untuk membersihkan tubuh, tetapi juga merupakan stimulus vestibular. Menurut pandangan neurosains, pada periode awal setelah kelahiran, bayi tetap memerlukan perasaan dan suasana ayunan air seperti di dalam kandungan.

Cara melakukan Pijat bayi baru lahir demi perkembangan anak

Nah, kegiatan mandi dapat memberikan stimulasi bagi pembuluh darah bayi karena terjadi perubahan suhu di luar dan di dalam tubuhnya. Hal ini akan merangsang sensitivitas pembuluh darah kapiler di permukaan kulitnya.

3. Sentuhan dapat memberikan kehangatan pada bayi setelah mandi, sekaligus memperlancar peredaran darah di area perut dan dada. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi metabolisme tubuh untuk bekerja lebih baik.

4. Perawatan kulit dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan dan keharuman kulit (dan juga rambut!). Harum bayi tak hanya menyenangkan buat mama, tapi juga merupakan stimulus olfaktori (penciuman) yang membantu menstimulasi area pengendali emosi di otak. Dengan memberikan keharuman pada tubuh bayi, saraf-saraf akan terstimulasi dengan baik dan membantu otak bekerja sempurna mengatur keseimbangan tubuh.

Sedikit tambahan, Bayi yang lahir lewat operasi Caesar membutuhkan lebih banyak stimulasi dan rangsangan dibanding bayi yang lahir lewat persalinan normal. Hal ini karena saat dilahirkan, bayi yang lahir Caesar tidak menggunakan refleks alami yang digunakan bayi lahir normal untuk berusaha keluar dari perut mama. Semoga artikel 4 Langkah Stimulasi Penting Untuk Perkembangan Bayi Lahir Normal  Caesar bermanfaat bagi anda sekalian.

Untuk pemesanan minyak ikan salmon bisa hubungi kami dengan SMS atau WA admin kami di 0857 9994 3044 

atau bisa juga klik tombol auto chat WhatsApp berikut    minyak ikan salmon